Oleh-Oleh Makanan Khas Tasikmalaya

Oleh-Oleh Makanan Khas Tasikmalaya


Halo para kuliner’s kembali lagi kita akan membahas mengenai makanan khas yang paling khas di sebuah daerah. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tuntas apa aja sih makanan enak dan khas di suatu daerah yang berada di Jawa Barat. Tepatnya daerah Tasikmalaya.
Mungkin bagi kamu yang asli dari Jawa Barat (sunda) bakal tidak asing lagi dengan beberapa masakan Jawa Barat yang sudah banyak banyak dijual di beberapa daerah seperti Tasikmalaya ini. Langsung saja kita simak beberapa makanan khas dan oleh-oleh dari Tasikmalaya ini.
RENGGINANG
1. Rengginang merupakan camilan tradisional yang tidak asing di dengar oleh banyak orang, khususnya masyarakat suku Sunda. Camilan tradisional ini terbuat dari bahan utama beras ketan yang di olah dengan cara direbus, dicetak, dan akhirnya dijemur. Tentunya proses pembuatan rengginang ini membutuhkan waktu yang cukup lama.
Rengginang yang di masak dengan cara digoreng ini merupakan camilan renyah sejuta umat, karena tidak sedikit orang menyukai camilan yang satu ini.
Nah jika Anda termasuk orang yang menyukai rengginang, bisa mencoba rengginang asal Tasikmalaya yang renyah dan gurihnya bikin manjain lidah Anda. Jadi, rengginang juga akan mudah Anda dapatkan di Tasik, dan bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Tasik. otakatikotak.com
OPAK OVEN
2. Oleh-oleh khas Tasik yang kedua adalah opak oven. Makanan ringan tradisional yang sama-sama terbuat dari bahan beras ketan ini, merupakan oleh-oleh tradisional yang bisa Anda dapatkan di Tasikmalaya. Bisa dibilang satu keturunan dengan rengginang, karena opak oven juga terbuat dari beras ketan dan bersifat tradisional.
Jadi, jika Anda mencari rengginang di tempat oleh-oleh khas Tasik maka jangan heran jika menemukan opak oven di tempat yang sama. Keduanya merupakan oleh-oleh khas Tasik yang sangat sayang jika Anda tidak membawanya sebagai oleh-oleh untuk keluarga Anda di rumah.
Seperti dari namanya, camilan tradisional ini dimasak dengan cara di oven. Memiliki sensasi renyah dan gurih saat dikonsumsi. Salah satu tempat yang banyak memproduksi opak oven di Tasikmalaya adalah daerah Cikalong. Selain rengginang Anda juga harus coba membawa opak oven sebagai oleh-oleh khas Tasik. ksmtour.com
KOLONTONG
3. Jika opak oven dan rengginang bagai camilan tradisional satu keturunan, maka kolontong dan opak oven bagaikan camilan yang kembar. Tidak jauh berbeda dengan rengginang dan opak oven, kolontong juga merupakan oleh-oleh tradisional manis yang terbuat dari beras ketan.
Kesamaan yang terdapat antara opak oven dan kolontong adalah, keduanya sama-sama terbuat dari ketan. Namun yang membedakan hanya rasanya saja, jika opak oven berasa gurih, maka kolontong berasa manis.
Nah jika Anda penasaran dengan renyah dan manisnya kolontong khas Tasik, bisa Anda coba untuk dijadikan oleh-oleh khas Tasik yang akan Anda bawa pulang. Banyak toko oleh-oleh khas Tasik yang menjual oleh-oleh kolontong ini. deskgram.org
SALE PISANG
4. Oleh-oleh khas Tasik selanjutnya adalah sale pisang. Makanan khas Tasik alami ini, terbuat dari buah pisang yang dijemur di bawah terik matahari. Proses pembuatan nya membutuhkan waktu yang cukup lama, karena selain proses penyisiran, sale pisang dijemur di bawah terik matahari hingga matang dan berwarna coklat pekat.
Rasanya yang manis legit, akan cukup memanjakan lidah Anda yang menyukai camilan berasa manis. Sehingga sangat pas sekali untuk dijadikan alternatif oleh-oleh sepulang dari Tasik.
Untuk mendapatkan sale pisang khas Tasik ini, bisa Anda jumpai dan membelinya di tempat oleh-oleh khas Tasik yang tersebar banyak di daerah wilayah Tasik. Berikut salah satu tempat oleh-oleh yang bisa Anda coba untuk menjumpainya, beralamat di Jl. Raya Banjar-Manonjaya, Tasikmalaya. tokopedia.com
LADU
5. Jika tiga oleh-oleh khas Tasik sebelumnya merupakan camilan renyah tradisional yang terbuat dari beras ketan, maka Ladu berbeda dengan yang ketiganya. Makanan bertekstur lembut berasa manis dan berwarna coklat ini, terbuat dari tepung beras ketan.
Sekilas, makanan manis khas Tasik ini tampak seperti dodol, tapi tekstur dan rasanya sangat jauh berbeda dengan dodol. Mungkin nama Ladu cukup asing didengar oleh orang-orang luar Sunda, namun cukup familiar di masyarakat suku Sunda, khususnya masyarakat Tasik.
Jadi jika Anda hendak pulang meninggalkan Tasik, jangan sampai ketinggalan membawa oleh-oleh tradisional khas Tasik yang satu ini. Cukup mudah Anda temui tempat yang menjual oleh-oleh Tasik yang satu ini. cookpad.com
KERIPIK SUKUN
6. Jika keripik pada umumnya terbuat dari singkong atau juga pisang, maka di Tasik, Anda akan menemukan keripik sukun. Keripik yang terbuat dari buah sukun muda ini, menjadi keripik oleh-oleh khas Tasik, karena akan jarang ditemukan di daerah lain selain Tasik.
Seperti pengolahan keripik pada umumnya, keripik sukun juga di buat dengan cara di iris tipis-tipis kemudian digoreng hingga matang. Keripik sukun memiliki rasa dasar yang gurih dan bersensasi renyah saat di makan. Sangat cocok dijadikan camilan santai saat berkumpul ngobrol dengan orang terdekat Anda.
Camilan renyah ini, sangat cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh khas Tasik yang hendak dibawa pulang ke rumah Anda. Selain enak, gurih dan renyah, camilan ini juga memiliki harga yang sangat ekonomis. Untuk mendapatkan nya, bisa Anda beli di tempat oleh-oleh khas Tasikmalaya yang tersebar di beberapa daerah di Tasik. tasikasik.com
NOGA KACANG
7. Noga kacang merupakan makanan manis khas Tasik yang terbuat dari gula aren merah dan kacang tanah renyah. Seperti tampak pada gambar di atas, kacang tanah renyah bertabur pada gula merah yang di cairkan. Jika dimakan, maka akan terasa sensasi renyahnya kacang dan manisnya gula yang telah mengering.
Proses pembuatan nya cukup mudah, yaitu dengan cara mencairkan gula merah dan di taburkan nya kacang tanah pada gula cair yang telah di pisahkan kecil-kecil. Oleh-oleh khas Tasik yang satu ini memang asli berasal dari Tasikmalaya, sehingga sangat di sayangkan jika pulang dari Tasik tanpa membawa noga kacang.
Pokoknya enak banget deh, cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh khas Tasik yang akan Anda bawa pulang. Selain mudah ditemukan di tempat oleh-oleh, banyak juga yang menjual noga kacang di pasar-pasar Tasikmalaya. resepdanmasakan.com
WAJIT
8. Wajit merupakan camilan manis tradisional khas Tasik yang terbuat dari beras ketan, parutan kelapa, dan gula merah. Dari bahan-bahan pembuatannya saja sudah bisa kita tebak kan rasa wajit itu seperti apa?. Selain memiliki tekstur yang lembut saat di makan, wajit khas Tasik juga berasa manis legit gurih yang tercipta dari paduan gula dan parutan kelapa.
Anda pecinta makanan bercitarasa manis? cobain dulu wajit khas Tasik yang satu ini, pasti sangat cocok dan ketagihan.
Pada umumnya wajit khas Tasik di bungkus dengan daun jagung kering berwarna putih, namun tidak sedikit juga wajit khas Tasik yang dibungkus dengan kertas telur warna-warni. Dari bungkusnya saja yang berbeda, namun rasanya sama-sama enak kok. Nah, sekarang bisa Anda jadikan alternatif oleh-oleh khas Tasik bisa dibawa pulang. bukalapak.com

CITRUK
9. Dan oleh-oleh khas Tasik yang terakhir adalah citruk. Makanan ringan tradisional asli Tasik sejenis keripik yang memiliki rasa gurih asin dan renyah saat di makan.
Citruk sendiri merupakan keripik yang terbuat dari tepung terigu dan tepung kanci, diolah secara tradisional dan di iris tipis berbentuk koin kecil.
Untuk menikmati citruk khas Tasik ini, bisa Anda membelinya dengan pilihan kemasan mentah dan matang. Bisa Anda beli di pasar tradisional yang berada di Tasikmalaya.







Komentar

Postingan Populer