Minuman khas Tasikmalaya

Minuman Khas Tasikmalaya
Minuman khas Tasikmalaya – Jawa Barat terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah dan kelestarian seni budayanya. Namun tidak disangka, Jawa Barat juga terkenal dengan kulinernya yang banyak dan juga enak.
Yang mana sebelumnya juga sudah membahas mengenai makanan khas Tasikmalaya. Simak baik-baik ya, berikut beberapa minuman khas Tasikmalaya yang sangat enak dan menyegarkan.

Es Cendol
1. Es Cendol
Es cendol disajikan dengan serutan es, gula merah cair, santan, potongan nangka dan cendol. Apa itu cendol? cendol merupakan adonan tepung sagu yang dicampur dengan sari daun suji kemudian dimasak sampai matang, lalu diayak sehingga menghasilkan potongan yang berbentuk lonjong kecil-kecil berwarna hijau.
Es cendol sangat cocok dihidangkan saat teriknya matahari karena rasanya yang manis dan nikmatnya serutan es membuat dahaga kamu hilang.
Es Oyen
2. Es Oyen
Sekilas melihat es oyen ini mirip dengan es campur yang kita kenal, merupakan perpaduan antar buah yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan serutan es serta susu kental manis yang membuat minuman ini terasa manis dan segar. Adapun buah yang digunakan diantaranya kelapa muda, kolang-kaling, nangka dan alpukat.
Mengapa diberi nama es oyen? asal mulanya konon nama tersebut diambil dari seorang penjual yang pertama kali menjual es legendaris ini. Namun ada juga yang mengatakan bahwa nama oyen berasal dari suara burung perkutut miliknya yang kalau berkicau terdengar seperti bunyi sapaan ‘oyen’.



Es Goyobod
3. Es Goyobod
Kalau dilihat dari proses pembuatan es goyobod hampir mirip dengan es campur dan es oyen. Bahan yang digunakannya juga sama seperti buah alpukat, kelapa muda, nangka dan lain-lain. Namun yang menjadi khas dan beda dari es yang lainnya adalah es goyobod menggunakan jelly kenyal mirip dengan cendol dan warna merah pacar cina yang menjadi penghias es goyobod ini. Es ini sangat cocok disantap saat cuaca sedang panas, rasanya manis dingin, lezat dan menyegarkan.

Es Doger
4. Es Doger
Nama es doger berasal dari singkatan dorong gerobak yang disingkatan menjadi doger. Memang pada awal mulanya es ini dijual dengan gerobak yang didorong keliling. Namun seiring berkembangnya jaman, ada sebagian pedagang es doger yang menetap di suatu kedai.
Es doger ini berbahan dasar susu ditambah parutan kelapa, tape, ketan hitam, pacar cina, alpukat dan lain-lain. Bahan-bahan tersebutlah yang menjadikan es ini sangat enak dan segar saat diminum ketika panas di siang hari.

Es Mambo
5. Es Mambo
Banyak masyarakat yang membuat es ini, baik untuk dijual maupun dikonsumsi sendiri. Karena memang proses pembuatan es mambo terbilang cukup mudah.
Kamu bisa membuatnya dengan bahan-bahan yang mudah didapat seperti kacang hijau, kacang kedelai, susu dan lain-lainnya. Namun sejarah pertama kali adanya es mambo hanya berupa larutan sirup warna-warni yang dimasukan kedalam kantung plastik kecil dan kemudian dibekukan di dalam freezer.
Nama es mambo ini berasal dari warnanya yang bermacam-macam dan kemudian orang-orang biasa menyebutnya dengan mambo. Mambo adalah ungkapan untuk menggambarkan sesuatu yang berwarna-warni.

Es Cincau
6. Es Cincau
Minuman yang satu ini sudah sangat familiar sekali di seluruh daerah di Indonesia dan setiap daerah memiliki cara penyajian yang berbeda.
Asal usul cincau merupakan nama tumbuhan yang berasal dari bahasa Hokkien. Di Indonesia ada 2 jenis cincau yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Namun yang sangat terkenal adalah cincau hijau yang dilestarikan di daerah Bandung, Bogor dan di daerah-daerah lainnya yang ada di Jawa Barat.
Cara penyajian es cincau ini dengan dicampur serutan es, larutan gula merah dan santan kelapa. Seiring berjalannya waktu, para pembuat es cincau menambahkan variasinya berupa beraneka rasa seperti rasa cappucino, coklat dan lain-lain agar konsumen tidak merasa bosen dengan es cincau ini.
Es Bubur Sumsum
7. Es Bubur Sumsum
Siapa yang belum tahu dengan jajanan yang satu ini? es bubur sumsum merupakan kuliner khas Jawa Barat yang berbahan dasar tepung beras  dibuat menjadi sebuah bubur berwarna putih dan disajikan dengan air gula merah dan santan. Dan kemudian diberi serutan es yang menyegarkan serta ditambah dengan butiran pacar cina dan candil menjadikan jajanan ini semakin nikmat dan lezat.
Sangat cocok dihidangkan ketika teriknya matahari di siang hari. Jajanan ini banyak yang menjualnya di seluruh daerah yang ada di Jawa Barat bahkan sampai Jawa tengah dan Jawa Timur. Biasanya para penjual menjajakannya menggunakan gerobak dorong seperti es doger.
Bandrek
8. Bandrek
Bandrek merupakan minuman tradisional khas Jawa Barat yang mempunyai manfaat salah satunya dapat menambah stamina tubuh. Karena minuman ini terbuat dari bahan-bahan alami diantaranya jahe, buah jambe, kayu manis, biji pala dan gula merah.
Tetapi ada juga yang menambahkan dengan bahan-bahan lainnya seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung dan sebagainya. Sesuai dengan keinginan konsumen.
Di daerah Bandung, bandrek juga disajikan dengan serutan kelapa untuk menambah cita rasanya. Biasanya bandrek dihidangkan bersama  kacang rebus, ubi jalar rebus dan camilan lainnya.
Kalau di Jawa Tengah bandrek selalu tersedia di setiap warung angkringan yang ada di pinggir jalan. Namun namanya berbeda, di sana lebih dikenal dengan susu jahe.
Bajigur
9. Bajigur
Selain bandrek, ada juga nih minuman tradisional khas Jawa Barat yang terbuat dari gula aren dan santan. Untuk menambah cita rasa biasanya juga ditambah dengan jahe, garam dan bubuk vanili.
Minuman ini sangat cocok disajikan dalam keadaan hangat ditemani dengan bandrek, ubi rebus, kacang rebus, klepon, dan lain sebagainya. Sangat enak dinikmati saat cuaca dingin atau hujan.
Seiring berkembangnya jaman, sekarang bajigur tersedia dalam kemasan instan, cara penyajiannya hanya cukup diseduh menggunakan air panas saja.

Komentar

Postingan Populer